Wednesday, November 16, 2011

Kebijakan Privacy Google

14 Desember 2010

Kebijakan Privasi Google dan berbagai pemberitahuan privasi khusus produk kami menjelaskan bagaimana kami memperlakukan informasi pribadi ketika Anda menggunakan produk dan layanan Google, termasuk setiap produk dan layanan seluler Google. Berikut adalah penjelasan tambahan tentang praktik privasi seluler kami.

Untuk versi web dari kebijakan ini dan kebijakan privasi Google lainnya, silakan kunjungi www.google.co.id/privacy.html.

Informasi khusus seluler yang kami kumpulkan

Sebagian besar informasi pengungkap jatidiri yang kami kumpulkan adalah informasi yang Anda ceritakan tentang diri Anda. Misalnya, sebagian produk dan layanan kami memungkinkan Anda berinteraksi dan berbagi informasi dan data pribadi dengan orang lain. Anda memilih informasi yang ingin Anda bagikan dan cara membaginya.
Kadang kami mencatat nomor telepon Anda. Kami mencatat nomor telepon apabila Anda mengirimkannya kepada kami; meminta kami mengingatnya; atau menelepon atau mengirim pesan teks atau SMS ke atau dari Google. Jika Anda meminta kami mengingat nomor telepon, kami akan mengaitkan nomor telepon dengan Akun Google atau dengan nomor akun sejenis lainnya jika Anda tidak memiliki Akun Google. Seringkali nomor akun ini dibuat berdasarkan nomor peranti atau perangkat keras Anda, jadi, jika peranti atau perangkat keras tersebut diganti, Anda wajib mengaitkan kembali peranti atau perangkat keras baru ini dengan akun sebelum kami dapat mengotentikasi Anda.
Kami mengumpulkan informasi tentang kejadian di tingkat perangkat, seperti kemacetan perangkat, dan mengaitkannya sementara dengan Akun Google Anda guna menyediakan layanan pelanggan.
Sebagian besar informasi lain yang kami kumpulkan untuk seluler, seperti nomor peranti dan perangkat keras serta jenis peranti, jenis permintaan, operator, nomor pengguna operator, isi permintaan, dan statistik pemakaian dasar tentang peranti dan penggunaan produk dan layanan Google tidak mengaitkan dengan sendirinya diri Anda ke Google, meskipun informasi tersebut unik dan terdiri dari atau berisi penggunaan yang menurut Anda bersifat pribadi. Tetapi, jika Anda menggunakan perangkat bersistem operasi Android, maka Google akan mengaitkan nomor perangkat dengan Akun Google Anda untuk menyediakan layanan, misalnya kemampuan sinkronisasi untuk email dan kontak Google Anda.
Informasi tertentu, termasuk informasi yang mungkin Anda anggap pribadi, dapat disimpan secara lokal pada perangkat menggunakan mekanisme seperti penyimpanan web peramban. Lihat dokumentasi perangkat atau program Anda tentang cara mengelola penyimpanan lokal tersebut.
Jika Anda menggunakan produk dan layanan yang digerakkan lokasi, seperti Google Maps untuk seluler, Anda mungkin mengirimkan informasi lokasi. Informasi ini dapat mengungkapkan lokasi Anda sebenarnya, misalnya data GPS, atau dapat juga tidak, misalnya ketika Anda mengirim alamat tidak lengkap untuk dicari pada peta area itu.
Jika Anda menggunakan Google Latitude pada perangkat seluler, selain informasi lainnya, kami mengumpulkan informasi masa pakai baterai dan menghubungkannya ke Akun Google Anda.
Sebagian produk dan layanan kami memungkinkan Anda mengunduh dan/atau mempersonalisasi konten yang Anda terima dari kami. Untuk produk dan layanan ini, kami akan mencatat informasi tentang unduhan dan preferensi Anda, bersama informasi apa pun yang Anda sediakan sendiri (seperti daftar saham untuk mempersonalisasi cantuman saham). Jika produk dan layanan mengharuskan Anda masuk dengan Akun Google, informasi ini akan dikaitkan dengan Akun Google.
Jika Anda menggunakan Google untuk menyulih kode, atau memformat, laman non-seluler agar tampil dengan baik di perangkat Anda, kami perlu mengirimkan permintaan Anda ke server Google untuk diformat. Artinya, kami akan mencatat permintaan ini, yang biasanya untuk materi di luar situs Google.
Untuk produk dan layanan dengan kemampuan pengenalan suara, kami mengumpulkan dan menyimpan salinan masukan suara yang Anda buat pada produk atau layanan itu dan perbaikan yang Anda lakukan pada hasil pengenalan yang dikembalikan. Untuk memperlancar proses masukan suara Anda, kami mungkin juga terus merekam suara latar selama beberapa detik dalam memori sementara. Rekaman ini tersimpan sementara di perangkat dan tidak dikirim ke Google. Jika Anda memilih mempersonalisasi pengenalan suara, kami akan mengaitkan data suara Anda dengan Akun Google Anda.
Penggunaan

Kami menggunakan informasi Anda untuk memproses dan mempersonalisasi permintaan Anda. Kami juga menggunakan informasi itu untuk menyediakan dukungan, mengembangkan fitur-fitur baru, dan meningkatkan kualitas produk dan layanan Google secara keseluruhan.
Kami dapat juga menggunakan informasi itu untuk menampilkan riwayat aktivitas Anda, menyediakan statistik mengenai Anda dan penggunaan produk dan layanan kami oleh Anda, atau memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada Anda.
Jika Anda membeli sesuatu melalui produk dan layanan Google, kami dapat juga menggunakan informasi Anda untuk menagih atau menangani sengketa penagihan.
Berbagi informasi dan transfer selanjutnya

Semua permintaan harus dikirim melalui jaringan operator seluler Anda dan bisa saja operator memiliki akses ke permintaan itu. Untuk informasi tentang penanganan informasi oleh operator, silakan lihat kebijakan privasi operator Anda.
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga pada perangkat Anda, semua informasi yang dikumpulkan aplikasi itu mungkin dikirimkan ke pihak ketiga dan kebijakan privasi Google tidak berlaku. Tetapi, aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki kebijakan privasi sendiri yang harus Anda tinjau.
Kami dapat membagikan informasi Anda kepada pihak ketiga yang disewa untuk menjalankan fungsi tertentu, misalnya penagihan dan pengiriman pesan teks atau SMS. Pihak ketiga ini diharuskan memperlakukan informasi Anda sesuai dengan kebijakan privasi Google yang berlaku. Kami dapat juga membagi informasi kepada operator seluler Anda untuk melakukan fungsi layanan pelanggan.
Sebagian produk dan layanan kami memungkinkan Anda berinteraksi dan berbagi informasi dengan pihak lain. Mohon pertimbangkan dengan saksama sebelum mengungkap informasi atau data pribadi apa pun yang dapat diakses oleh pihak lain.
Pilihan Anda

Sebagian produk dan layanan kami memungkinkan Anda menyisih dari pengumpulan dan berbagi informasi tertentu atau menyisih dari produk, layanan, atau fitur tertentu. Setiap produk memiliki laman bantuan yang menjelaskan opsi ini dan berbagai opsi lainnya.
Informasi tambahan

Google tunduk kepada prinsip-prinsip privasi Safe Harbor AS. Untuk informasi lebih lanjut tentang kerangka kerja Safe Harbor atau pendaftaran kami, lihat situs web Departemen Perdagangan AS. Informasi lebih lanjut tentang berbagai produk dan layanan seluler Google tersedia di mobile.google.com.

Untuk informasi lebih lanjut tentang praktik privasi kami, lihat kebijakan privasi lengkap. Jika ada pertanyaan lain, segera hubungi kami di:

Masalah Privasi
c/o Google Inc.
1600 Amphitheatre Parkway
Mountain View CA 94043 (USA)

No comments:

Post a Comment